Cara Decompile dan Recompile Langsung dari Android

Daftar isi :
    DepeLiar – Decompile Dan Recompile biasa dilakukan oleh para opreker ataupun para nyomoter seperti saya hehehehe. Decompile dan Recompile digunakan untuk memasuki file system pada Android kalian. Dengan Recompile dan Recompile (DC/RC) kalian bisa dengan leluasa mengedit “jeroan” system kalian. Inilah “Tutorial Decompile dan Recompile langsung dari Android”

    Syarat:
    Android ROOTED!

    Bahan:
    APKTool               [Download APKTools armv7]
    Noted:Setiap HP, memiliki kecocokan yang berbeda terhadap APKTools, Jadi jika tidak cocok menggunakan versi ini, carilah versi yang cocok dengan Android kalian.
    Rootex                    [Tersedia di Google Playstore]

    Setelah bahan dan syarat terpenuhi maka ikutilah cara “Decompile Recompile langsung dari Android” dibawah ini.

    1.Install APKTools
    2.Setelah di Instal, buat folder di sdcard dengan nama apa saja, misal: “Projek”.Folder ini digunakan untuk menampung Systemui/Framework yang akan di DC/RC.
    3.Setelah itu, Masuk ke system/framework dan copy framework-res.apk dan twframework-res.apk ke folder yang sudah dibuat di sdcard tadi.

    4.Masuk APKTools dan cari folder yang sudah kalian buat tadi. Setelah itu tap Framework-res.apknya dan pilih “import as framework”. tunggu sampai proses selesai dan lakukan hal yang sama pada twframework-res.apk

    5. Setelah selesai, buka kembali Rootex, dan masuk ke system/priv-app. Kemudian copy systemui.apk ke folder yang sudah kalian buat tadi.

    6.Masuk APKTools, masuk ke folder yang tadi kalian buat, lalu tap SystemUI.Apk dan pilih “Decompile all”. Tunggu sampai proses selesai, dalam proses ini sedikit agak lama, sekitaran 2 menitan, jadi siapkan udud kalian heehehe.

    7.Setelah selesai, tap systemui_ess_src lalu pilih “Browse”. Lalu masuklah pada bagian bagian yang ingin kalian edit. Untuk mengedit statusbar, kalian bisa masuk pada menu res/layout. Selain mengedit statusbar, kalian juga bisa mengedit bagian bagian yang lainnya sesuai keingin agan.

    8. Setelah merasa puas dengan editan kalian, kembali pada folder yang tadi, kemudian tap SytemUI_ESS_src, dan pilih “Recompile”. Tunggulah beberapa saat.

    9.Setelah selesai akan muncul “Systemui_ESS_src.apk”. tapi itu dan pilih “sign”. Dan akan muncul sesuatu yang baru yaitu, “SytemUI_ESS_src_sign.apk”

    10. Kemudian Push ke system dengan cara, pertama buka rootex, masuk ke folder tadi, dan copy “SytemUI_ESS_src_sign.apk” ke root/system.

    11.Rename menjadi SystemUI_ESS.Apk atau sesuai dengan nama Sytemui dan yang asli
    .
    12.Set Permissions Menjadi RW-R—R.

    13.Move ke Priv-app, jika ada pop-up muncul, maka pilih "replace" dan reboot.

    NOTED: Backup Terlebih Dahulu SystemUI Ori, agar jika ada hal yang tidak dinginkan terjadi, kalian tinggal push systemui ori sesuai dengan cara yang sudah saya jelaskan, permissionsnya RWRR!


    Begitulah cara DC/RC langsung dari android dan cara push ke system kembali secara manual. Ingat kalian harus hati hati atau teliti dalam mengeditnya agar gadget kalian tidak bootloop yah. Do With Your Own Risk. Sekian artikel tentang “Tutorial Decompile dan Recompile langsung dari Android”, terimakasih sudah membaca, dan semoga bermanfaat.